LGpdNGR8MGVaMaNaMWVaMWR8yTUfATofA6QkyaV=

WORKSHOP BASIC DESIGN FOR DIGITAL IDENTITY

BLANTERLANDINGv101
990125513733413425

WORKSHOP BASIC DESIGN FOR DIGITAL IDENTITY

Sunday, October 10, 2021

 


    Desain grafis adalah sebuah bentuk seni dengan tujuan untuk memecahkan masalah komunikasi melalui kombinasi elemen grafis seperti bentuk, garis, warna, dan sebagainya. Visual yang tercipta diharapkan dapat menjadi sarana penyampaian informasi atau pesan secara jelas dan efektif, bahkan mampu membentuk persepsi manusia akan sebuah hal.

    Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Peralatan utama yang digunakan dalam desain grafis adalah pikiran (ide). Disamping teknologi (komputer) sebuah desain grafis yang baik membutuhkan kreativitas. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.

    Untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang seni khususnya desain, maka pada hari ini, Rabu 27 Januari 2021 MAN 1 BLITAR melaksanakan workshop desain grafis dengan tema “Basic Design For Digital Identity”. Meskipun workshop ini dilaksanakan secara terbatas karena pada situasi Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk pengendalian penyebaran COVID-19 di masa pandemi ini, namun Alhamdulillah acara tetap berjalan dengan lancar. Antusias peserta menjadi pemicu semangat panitia pelaksana dalam menjalankan acara tersebut.

    Mengingat beberapa peserta workshop ada yang tinggal di ma’had madrasah (Ma’had Nurul Huda) dimana para santri tidak diperkenankan melakukan kontak langsung dengan orang luar sebagai upaya pengendalian penyebaran COVID-19, dalam acara tersebut panitia mengemasnya sedemikian rupa mulai dari tempat pelaksanaan hingga acara, tetap mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat. Rangkaian acaranya pun dikemas sangat menarik, tidak hanya menonton pada materi saja, akan tetapi peserta dibimbing langsung untuk praktek membuat desain.

    Hasil yang diharapkan dari adanya kegiatan ini adalah siswa menjadi kreatif dan dapat memanfaatkan sebuah teknologi menjadi sebuah media penyampaian informasi melalui sebuah desain.

 

(Yunani Ismu Latifah, S.Hum. Tim Publikasi MAN 1 BLITAR Tahun Ajaran 2020/2021)

BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang