LGpdNGR8MGVaMaNaMWVaMWR8yTUfATofA6QkyaV=

STUDI BANDING PENGELOLAAN MADRASAH DAN MA’HAD KE MAN 2 KOTA MALANG

BLANTERLANDINGv101
990125513733413425

STUDI BANDING PENGELOLAAN MADRASAH DAN MA’HAD KE MAN 2 KOTA MALANG

Thursday, June 16, 2022




Pada dasarnya sebuah lembaga pendidikan tidak hanya memberikan pendidikan formal dalam bidang akademis, akan tetapi juga dalam hal moral, sikap, dan perilaku. Madrasah memiliki peran penting dalam mendidik karakter siswanya, karena sebagian besar waktu siswa dihabiskan di sekolahan dan MAN 1 Blitar terpilih menjadi salah satu madrasah dengan keunggulan dalam bidang akademik yang berbasis islami.

MAN 1 Blitar merupakan salah satu madrasah unggulan di Jawa Timur. MAN 1 Blitar telah memiliki beberapa  prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Menjadi salah satu madrasah unggulan tentu akan menjadi suatu tantangan tersendiri, karena madrasah harus mampu memberikan pendidikan yang terbaik kepada siswa-siswi agar mereka merasa nyaman, aman, dan mampu untuk terus berkembang.

Pada hari Selasa 14 Juni 2022, madrasah memiliki kesempatan untuk bisa menilik pengelolaan madrasah dan ma’had MAN 2 Kota Malang. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00-14.00 yang dihadiri oleh kepala madrasah, Waka, KTU, BK, tim pengembang kurikulum, pengurus ma’had serta didampingi oleh Kasi Pendma Kankemenag Kabupaten Blitar. Acara ini berjalan lancar dengan banyak hal positif yang bisa madrasah kita ambil, diantaranya terkait dengan pengembangan prestasi siswa melalui jalur olimpiade dan penguatan bahasa internasional, pengelolaan ma’had yang lebih akuntabel dan dapat mendukung program madrasah dan prestasi siswa, pengembangan bidang akademik, kesiswaan, hubungan masyarakat dan sarpras.

Seperti yang telah kita ketahui, MAN 1 Blitar telah memiliki program penguatan bahasa yang terdiri dari bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan bahasa Jawa. Program tersebut telah berjalan lancar dalam periode ini. Kegiatan pengembangan prestasi siswa melalui jalur akademik pun sudah sangat berjalan lancar, siswa-siswi MAN 1 Blitar juga telah banyak meraih prestasi dalam bidang akademik, seperti dalam Olimpiade Sains tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K), serta banyak lagi prestasi akademik maupun non akademik yang telah diraih oleh siswa MAN 1 Blitar.

Bukan hanya tentang pengelolaan madrasah, pengelolaan ma’had pun juga menjadi salah satu hal penting dalam kunjungan kali ini, dengan adanya kunjungan tersebut, madrasah bisa ikut belajar terkait pengelolaan anggaran ma’had.

Kunjungan ini memberikan manfaat untuk madrasah dan ma’had, sehingga madrasah mampu mengambil sisi positif dari pengelolaan madrasah dan ma’had yang diterapkan oleh MAN 2 Kota Malang. Tentu dengan adanya kunjungan ini madrasah akan terus berusaha mengembangkan pengelolaan yang tepat guna untuk siswa-siswi MAN 1 Blitar, sehingga siswa mampu terus mengembangkan diri sesuai potensi masing-masing.

BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang