LGpdNGR8MGVaMaNaMWVaMWR8yTUfATofA6QkyaV=

MAN 1 BLITAR LOLOS FINAL MYRES 2022

BLANTERLANDINGv101
990125513733413425

MAN 1 BLITAR LOLOS FINAL MYRES 2022

Friday, August 5, 2022

Tim KIR (Karya Ilmiah Remaja) MAN 1 Blitar lolos masuk babak final dalam lomba Myres. Berawal dari 2 tahun lalu yang belum berhasil masuk final, tahun 2022 ini MAN 1 Blitar mendapatkan prestasi yaitu bisa lolos final lomba Myres yang bertarung dengan 9000 judul penelitian di seluruh Indonesia. Apa sih Myres itu? Yuk simak penjelasan tentang Myres dibawah ini.

MYRES adalah kependekan dari Madrasah Young Researchers Supercamp (Lomba Peneliti Muda Madrasah). Myres adalah kompetisi yang digelar Kementerian Agama untuk menumbuhkan budaya meneliti di kalangan siswa madrasah dan sekaligus sebagai ajang bagi siswa madrasah yang mempunyai minat dan bakat di bidang penulisan karya ilmiah untuk menuangkan ide-ide kreatif dan inovatifnya. Program ini merupakan strategi trnasformasi tehnologi pengayaan kurikulum madrasah yang akan mengembangkan gagasan-gagasan intelektualitas untuk menjadi SDM yang maju dan modern. Hal ini sangat penting dilakukan karena sebuah tuntutan inovasi dan modernisasi strategi.

Penelitian lomba Myres dikelompokkan menjadi tiga yaitu :

1.)   Ilmu matematika, sains, dan pengembangan teknologi

2.)   Ilmu sosial dan humaniora

3.)   Ilmu keagamaan

Selain itu, Myres bertujuan sebagai media promosi madrasah, sebagai tolak ukur madrasah dan merupakan kegiatan rutinitas setiap tahunnya, dan menjadikan siswa untuk berpikir kreatif dan bisa menjadi bekal untuk masuk perguruan tinggi. Sebagai generasi baru atau generasi milenial, anak-anak madrasah dituntut memiliki sifat kritis, bermental sosial,dan mampu menggunakan media dengan baik dan benar, sehingga dapat memberi kontribusi bagi kemajuan bangsa yang makin kompetitif. Mereka juga didorong memiliki kompetensi abad ke-21, paling tidak ada empat kompetensi yang harus dikuasai yaitu : (1) Berfikir kritis dan pemecahan masalah (critical thingking and problem solving), (2) Komunikasi global (global communication), (3) Kolaborasi (collaboration), dan (4). Pemikiran kreatif dan inovatif (creative and innovative thingking).

Ada yang penasaran gak tentang bagaimana sih caranya untuk mendapatkan ide ide yang menarik supaya bisa lolos lomba? Ini nih ada sedikit tips untuk dapat ide yang menarik. Pertama yaitu ide itu bisa datang dari mana saja bisa dari lingkungan sekitar, jadi amati lingkungan sekitar seperti mempunyai sumber daya alam ada apa saja, selain dari sumber daya alam bisa dari kebudayaan di sekitar. Yang kedua cari topik yang harus mendapat solusi segera atau bisa menjadi penyelesaian masalah saat itu juga. Selanjutnya cari yang nilai kebermanfaatan yang tinggi. Dan yang terakhir adalah cari topik yang sedang kekinian.

Tim Myres MAN 1 Blitar yang yang lolos dalam kelompok ilmu sosial dan humaniora beranggotakan Zia Amira Nashwa Salsabila dan Shofy Almira Nanta dari kelas XI-IPS-1. Tim ini didampingi bu Fikria R. Zahara dan mengusung judul penelitian  “MASGAPUR: Berdirinya Masjid, Gereja, Pura Dalam Satu Jalan Sebagai Ikon Toleransi Beragama Desa Gaprang”.

“Pertama kali lolos final lomba Myres, semoga bisa mendapatkan juara, bisa mendapatkan hasil yang terbaik sehingga bisa menjadi dorongan untuk teman temannya untuk berprestasi juga”, itulah harapan bu Ita untuk Tim yang lolos lomba Myres.

“Ada beberapa tim tapi yang lolos hanya satu tim, untuk yang belum lolos tetap semangat jangan sampai putus asa dan semoga di lomba berkutnya bisa lolos dan untuk tim yang sudah lolos ayo tetap semangat, jangan sampai menyerah”, harapan dari bu Fikria bagi teman-teman.

Selanjutnya, redaksi menyampaikan selamat bagi tim yang telah lolos dan juga guru pembimbingnya. Semoga sukses berjuang di babak final dan mendapatkan hasil terbaik dan berhasil mengharumkan nama madrasah. (red)

BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang