LGpdNGR8MGVaMaNaMWVaMWR8yTUfATofA6QkyaV=

Penerimaan Asistensi Mengajar UIN Maliki Malang di MAN 1 Blitar

BLANTERLANDINGv101
990125513733413425

Penerimaan Asistensi Mengajar UIN Maliki Malang di MAN 1 Blitar

Monday, February 26, 2024

 



Blitar, 26 Februari 2024 - Dalam rangka memperkuat pendidikan dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang berdedikasi, MAN 1 Blitar bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan program Asistensi Mahasiswa di MAN 1 Blitar.

Kegiatan penerimaan Asistensi Mengajar dilaksanakan di aula MAN 1 Blitar pada Senin, 26 Februari 2024 dihadiri Kepala madrasah, para waka, guru pamong, DPL dan seluruh mahasiswa asistensi.

Tepatnya ada 9 mahasiswa dari beberapa Program Studi meliputi 3 mahasiswa prodi PAI (Pendidikan Agama Islam), 3 mahasiswa prodi PBA (Pendidikan Bahasa Arab), 2 orang mahasiswa prodi TM (Tadris Matematika) dan 1 mahasiswa prodi TBI (Tadris Bahasa Inggris) mengikuti kegiatan asistensi mahasiswa yang dijadwalkan berlangsung sampai 26 Mei 2024.

Dalam sambutannya, dosen pembimbing lapangan, Nuril Huda M.Pd., menyampaikan bahwa Asistensi Mengajar (AM) merupakan salah satu bentuk aktivitas pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif dengan pendidik maupun peserta didik di berbagai satuan pendidikan dalam subsistem pendidikan formal, yang tentu sangat penting dalam rangka memperteguh relevansi keilmuaan yang dikaji dengan realitas, oleh karenanya kegiatan AM ini diharapkan memberikan manfaat kepada satuan pendidikan serta dapat memberikan pengalaman dan kesan tersendiri bagi mahasiswa.

Dalam buku pedoman AM yang diberikan, dijelaskan bahwa kegiatan ini meliputi observasi, pemahaman, penguasaan dan ketrampilan dalam praktik mengajar di kelas; perangkat pendukung pembelajaran sepeti media, LKPD dan evaluasinya; layanan kependidikan; pengelolaan atau manajemen Satuan Pendidikan serta penelitian tindakan kelas. Terhadap kegiatan asistensi mengajar di Satuan Pendidikan ini, akan dilakukan evaluasi untuk menentukan sejauh mana tujuan asistensi mengajar di Satuan Pendidikan telah dicapai baik secara kuantitas maupun kualitas dan juga secara individu maupun kelompok. Sehingga perlu dilakukan pengukuran, penilaian dan evaluasi.

Dalam sambutan berikutnya, kepala MAN 1 Blitar mengharapkan agar mahasiswa peserta AM bisa segera melakukan adaptasi dan berbaur menjadi anggota keluarga madrasah dan dapat memberikan sumbangsih ilmu dan transfer pengetahuan baik ke para siswa maupun dengan guru pamong. Beliau juga berharap kegiatan AM kedepannya bisa berlangsung lebih lama sehingga bisa memberikan pengelaman lebih lengkap dan komprehensif terkait tugas mengajar di kelas dan penyelesaian masalah dengan siswa dan orang tua siswa di luar kelas.

Semoga para mahasiswa bisa melaksanakan kegiatan AM di MAN 1 Blitar dengan lancar dan memberikan manfaat pribadi untuk studi dan masa depan serta manfaat untuk madrasah. 
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang