LGpdNGR8MGVaMaNaMWVaMWR8yTUfATofA6QkyaV=

KSM sebagai ajang meningkatkan prestasi siswa

BLANTERLANDINGv101
990125513733413425

KSM sebagai ajang meningkatkan prestasi siswa

Thursday, August 18, 2022

 


Dalam rangka penguatan dan pengembangan ilmu dan teknologi serta peningkatan mutu dan daya saing siswa madrasah terutama dalam bidang sains. Kompetisi sains madrasah atau yang lebih biasa dikenal dengan sebutan KSM Kembali digelar oleh Kemenag pada tahun ini. Kompetisi Sains Madrasah merupakan sebuah kegiatan yang digelar yang diadakan oleh kementrian agama sebagai wahana membangun  girah kompetisi sains dikalangan siswa madrasah. Kompetisi ini diikuti oleh siswa-siswi dari jenjang SD/MI sampai MA/SMA. Untuk menunjang kelancaran ajang tahunan tersebut dibutuhkan juga sarana fasilitas yang baik dan memadai. Oleh sebab itu Kemenag menunjuk sekitar 16 sekolah yang terdiri dari MTs dan MA untuk menjadi tuan rumah kompetisi sains ini.

Madrasah kita juga menjadi salah satu sekolah yang diberi kepercayaan untuk menjadi tuan rumah KSM tahun ini. MAN 1 Blitar sendiri menjadi tuan rumah untuk peserta KSM jenjang SMP/MTS serta MA/SMA. Jumlah peserta KSM yang bertempat di MAN 1 BLITAR sendiri sekitar 150 peserta. Pesertanya meliputi sekolah-sekolah di sekitar wilayah Kecamatan Sutojayan,Kanigoro,Talun serta Nglegok. Menjadi Sekolah yang berketempatan KSM tentu tidak tanpa persiapan yang dilaksanakan. MAN 1 Blitar juga menyiapkan infrastruktur berupa jaringan internet dan Lab yang nantinya akan digunakan peserta untuk mengerjakan soal-soal dengan lancar dan nyaman.

Sejak awal digelar tahun 2013 KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai nilai islam. Integrasi sains dan konteks nilai nilai KSM yang meliputi :

·           Soal soal sains dalam KSM dielaborasi dengan konteks yang ada dalam al quran

·        Soal soal sains dalam KSM menggali konsep serta terapan yang ada dalam islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik.

·        Soal keilmuan sains murni, dilakukan sebagai upaya tetap menyejajarkan siswa siswa madrasah dengan siswa siswa olimpiade sains di madrasah.

Mengikuti KSM yang diadakan Kemenag ini bisa dikatakan tidak singkat. Menurut bapak latif ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh para peserta. Pertama mereka akan mengikuti kompetisi sains yang diadakan di Sekolah mereka masing-masing terlebih dahulu. Setelah itu,masing-masing mapel akan dipilih 2 peserta terbaik. Kemudian setelah setiap mapel dipilih 2 peserta maka mereka yang terpilih akan mengikuti KSM ditingkat Kabupaten seperti yang diadakan di MAN 1 Blitar ini. Ditingkat Kabupaten sendiri akan diambil peserta dari dua sampai tiga besar hasil akhir. Setelah ditingkat Kabupaten maka selanjutnya adalah tingkat Provinsi.

KSM adalah ajang yang bagus untuk penyemangat siswa-siswi untuk meraih prestasi. Disamping mendapat pengalaman yang berharga,peserta KSM juga akan mendapatkan sertifikat resmi. Kedua hal tersebut nantinya akan mempermudah peserta untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

(Wilda, Dinar. red)


BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang