LGpdNGR8MGVaMaNaMWVaMWR8yTUfATofA6QkyaV=

Pelaksanaan MEC (Madrasah English Community) MA 2023 Menghadirkan Inovasi Kelas Online Digital Melalui Zoom di MAN 1 Blitar

BLANTERLANDINGv101
990125513733413425

Pelaksanaan MEC (Madrasah English Community) MA 2023 Menghadirkan Inovasi Kelas Online Digital Melalui Zoom di MAN 1 Blitar

Friday, June 16, 2023





Blitar, 14 Juni 2023 - Dalam upaya meningkatkan penguasaan bahasa Inggris siswa MA (Madrasah Aliyah) di seluruh Indonesia, dilakukan pelaksanaan MEC (Madrasah English Community) secara online menggunakan platform Zoom pada hari Rabu,14 Juni 2023. Acara ini diadakan di MAN 1 Blitar, Jawa Timur, berkat kerjasama dengan relawan Peace Corps yang saat ini berada di sekolah tersebut dan juga fasilitator dari IAIN Kediri.

Direktur KSKK (Kerjasama Kebudayaan dan Keagamaan) Kementerian Agama RI, Bapak Papay Supriatna, memberikan fasilitas dan dukungan penuh dalam pelaksanaan acara ini. MEC merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa MA, sehingga mereka dapat bersaing dengan baik di tingkat nasional maupun internasional. MEC ini juga merupakan jawaban bahwa kehadiran relawan dari Amerika yang hanya ada 3 di seluruh indonesia ini (2 di Madrasah Tsanawiyah - Kediri Jawa Timur dan Ciamis Jawa Barat dan 1 Madrasah Aliyah - MAN 1 Blitar Jawa Timur) dapat memberikan imbas kepada madrasah-madrasah lain.

Acara MEC kali ini melibatkan kurang lebih 100 MA baik negeri maupun swasta dari berbagai wilayah di Indonesia. Meskipun terbatas secara geografis, kehadiran teknologi dalam bentuk sesi online melalui Zoom memungkinkan siswa dari seluruh penjuru negeri untuk berpartisipasi dan mendapatkan manfaat yang sama.

Relawan Peace Corps, Ms. Nikki Dougherty, yang saat ini berada di MAN 1 Blitar, berperan sebagai pengajar dalam kelas digital online ini.

Dalam sesi MEC, siswa-siswa MA dapat mengikuti berbagai kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk berlatih berbicara bahasa Inggris dengan lancar melalui sesi tanya jawab dan simulasi situasi kehidupan nyata.

Kepala MAN 1 Blitar, Bapak Mahmudi, menyatakan kegembiraannya atas pelaksanaan MEC ini. Ia berharap bahwa melalui acara ini, siswa MA di seluruh Indonesia dapat merasakan manfaatnya dan semakin termotivasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka.

MEC merupakan contoh nyata kolaborasi antara pemerintah, sekolah, dan relawan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar yang lebih baik bagi para siswa MA di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi online seperti Zoom, MEC dapat diadakan dengan efisien dan merata, meskipun pesertanya berasal dari berbagai daerah di negeri ini.

Acara MEC ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di Indonesia untuk mengadopsi model pembelajaran online yang efektif, terutama dalam mengatasi kendala geografis dan memperluas akses pendidikan berkualitas bagi semua siswa.

Rencananya, MEC MA akan kembali digelar di MAN 1 Blitar 3 bulan mendatang (September 2023).
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang