LGpdNGR8MGVaMaNaMWVaMWR8yTUfATofA6QkyaV=

INOVASI PRODUK ES CHOCOLATE DENGAN PEMANFAATAN TUMBUHAN ALOEVERA SEBAGAI IDE USAHA RUMAHAN DI MAN 1 BLITAR

BLANTERLANDINGv101
990125513733413425

INOVASI PRODUK ES CHOCOLATE DENGAN PEMANFAATAN TUMBUHAN ALOEVERA SEBAGAI IDE USAHA RUMAHAN DI MAN 1 BLITAR

Saturday, June 17, 2023


I. Pendahuluan 

Tingkat pertumbuahan ekonomi di setiap daerah di indonesa beranek ragam di mana setiap masyarakat memiliki cara tersendiri unuk meningkatkan perekonomian mereka, di era saat ini persaingan ekonomi di dunia perdagangan semakin hari semakin ketat, masyarakat di tuntut untuk selalu kreatif dan inovatif agar tidak mudah tersaingi oleh produk lain yang lebih di minati banyak komsumen. Tak jarang masyarakat Indonesia yang mengalami kebangkrutan di sebabkan karena produk yang di hasilkan kalah saing dengan produk luar negeri. Tingkat pertumbuahan ekonomi di setiap daerah di indonesa beraneka ragam di mana setiap masyarakat memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan perekonomian mereka, pertumbuhan ekonomi yakni pertumbuhan ekonomi yang menunjukan peningkatan kapasitas produksi dalam barang dan jasa dengan fisik sesuai pada kurun waktu tertentu  (Hartono & Indayani, 2020)

Di era saat ini persaingan ekonomi terutama di dunia perdagangan semakin hari semakin ketat,  masyarakat di tuntut untuk selalu kreatif dan inovatif agar tidak mudah tersaingi oleh produk lain, Tak jarang masyarakat Indonesia yang mengalami kebangkrutan di sebabkan karena produk yang di hasilkan kalah saing dengan produk luar negri. Karena itu untuk melatih kekreatifan dan inovatif haruslah di tanamkan sejak dini terutama kepada para anak muda, karena merekalah yang nantinya akan berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian di masa depan. kreativitas dan inovasi adalah sentral utama dalam aktivitas usaha. Adanya kreativitas dan inovasi tidak dapat dipisahkan dari kewairausahaan, karena pada gilirannya akan diwujudkan dalam tindakan ketika menjalankan suatu perusahaan. (Kalil & Aenurohman, 2020) Salah satu wujud usaha Pemerintah Indonesia adalah dengan membuat program Adiwiyata. Program Adiwiyata merupakan bentuk komitmen pemerintah terhadap pengelolaan dan perlindungan lingkungan melalui pendidikan  (Bahrudin, 2017) 

Dengan adanya program Adiwiyata siswa akan di latih untuk cinta terhadap lingkungan dan juga kreatif dalam memanfaatkan apapun di sekitarnya seperti yang di lakukan beberapa siswa kreatif MAN 1 Blitar yang memanfaatkan tumbuhan aloevera dalam program adiwiyatanya dengan membuat produk yaitu es chocolate yang  dapat di jadikan sebagai ide usaha rumahan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, tumbuhan aloevera memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Lidah  buaya  (Aloe  vera  L.) merupakan  tanaman  yang  fungsional  karena  semua  bagian  dari tanaman  dapat  dimanfaatkan.  Lendir dari lidah  buaya  kaya  akan  nutrisi  dan  zat  pelembab  yang mengandung  kurang  lebih  96%  air,  aloektin  B  yang  dapat menstimulasi  sistem  imun  dan memberikan lapisan perlindungan pada bagian kulit yang rusak serta dapat mempercepat tingkat penyembuhan  (Wistari , 2016) cara memperoleh buhan aloevera tidaklah sulit karena biasanya banyak masyarakat yang menanam di sekitar rumah, dan juga dalam lingkup sekolah, seperti di MAN 1 Blitar sangat banyak sekali tumbuhan aloevera, untuk itu haruslah ada upaya pemanfaatan tumbuhan dengan cara berinovasi melakukan percobaan seperti salah satunya membuat es chocolate karena untuk melatih kreatifitas siswa dan juga menciptakan dapat sebagai ide usaha rumahan.


II. Metodologi

Rencana Penelitian 

Penelitiaan ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dimana wujud percobaannya adalah Pembuatan es Chocolate dari tumbuhan aloevera yang dapat di gunakan sebagai salah satu ide usaha rumahan untuk mendongkrak ekonomi daerah

Variabel Pengamatan

variabel utama yang akan di amati dalam penelitian ini adalah bersifat organoleptik seperti bagaimana warna yang di hasilkan, aroma, dan juga rasa dari tumbuhan aloevera tersebut. 

Tahapan Penelitian                                                                                                                                        1.  Persiapan Alat dan Bahan 

Alat yang di butuhkan penelitian : Pisau, Sendok, Baskom, Panci, Gelas

Bahan Penelitian : 5 Buah tumbuhan aloevera, Air, Gula, 1 bungkus nutrijel rasa coklat, bubuk coklat, susu kental manis, susu lemak nabati

2.  Pembuatan Jelly Aloevera 

Pertama Kupas Tumbuhan Aloevera, selanjutnya potong bentuk persegi, setelah itu cuci dengan air mengalir sampai lendir yang di hasilkan oleh tumbuhan tersebut hilang, kemudian siapkan air panas untuk merendam aloevera kira kira selama 5 menit untuk menghilangkan rasa ketir dari aloevera tersebut.

3.  Pembuatan Nutrijel

Campurkan nutrijel dengan satu gelas gula (200g) atau sesuai selera. Kemudian tambahkan air sebanyak 3,5 gelas (700 ml), aduk rata sambil panaskan hingga mendidih (nutrijel jangan terlalu kental). Setelah itu matikan kompor, siapkan es batu dan air kemudian masukkan nutrijel ke dalam es batu, aduk sampai nutrijel berbentuk seperti serabut.

4.  Pembuatan susu

Pertama sialpak air dingin sekitar 1350 ml, kemudian masukan susu kental manis sekitar 10 sendok, lalu susu lemak nabati 6 sendok, gula yang sudah di cairkan dengan air kurang lebih sebanyak 20 sendok, 

5.  Penyajian Es Chocolate

Pertama siapkan gelas ( sesuai selera ), masukkan nutrijel, kemudian jelly aloevera, esbatu, susu dan coklat yang sudah di cairkan dengan air panas ( semua itu di sesuaikan dengan selera masing masing )

III. Hasil dan Pembahasan 

Hasil Penelitian 

Pada peneltian ini mengacu pada konsep  inovasi produk. Inovasi produk yang di jadikan eksperimen dalam penelitian ini adalah Inovasi Pembuatan Es Chocolate dari tumbuhan aloevera dimana tumbuhan aloevera menjadi salah satu pengembangan ide atau pemanfaatan tumbuhan yang banyak tumbuh di sekitar lingkungan Sekolah MAN 1 Blitar, sehingga menjadi lebih bernilai ekonomis . Inovasi produk adalah inovasi yang digunakan dalam keseluruhan operasi perusahaan dimana sebuah produk baru diciptakan dan dipasarkan, termasuk inovasi di segala proses fungsionil/ kegunaannya. (Crawford & Di Benedetto, 2000) Pada penelitian ini memanfaatkan tumbuhan aloevera karena selain mudah di temui, aloevera memiliki banyak sekali manfaat baik untuk Kesehatan maupun untuk kecantikan. Pada penelitian ini di gunakan pengujian organoleptik dimana indra manusia sangat lah di butuhkan dalam proses uji eksperimen ini seperti di antaranya menganalisis warna, aroma, rasa. Dan hasil Analisa menunjukkan bahwa warna aroma dan juga rasa menunjukkan hasil sesuai dengan rencana.

Pembahasan

Menurut Ading Sunarto Inovasi adalah suatu metode atau proses mendapatkan suatu ide yang nantinya akan di praktikkan untuk memberikan nilai tambah bagi pengguna. Dengan demikian,  perusahaan akan memiliki nilai yang berbeda.dan mampu bersaing dengan pengusaha lain (Sunarto, 2020)  menurut Marina Silalahi Lidah Buaya (Aloe Vera) merupakan tanaman serbaguna yang mudah ditemukan di berbagai kebun sekitar rumah. Daun AV yang dirawat digunakan sebagai makanan, obat-obatan dan kosmetik, tetapi penelitiannya menyeluruh dan ekstensif bioaktivitasnya masih terbatas. Menurut Aloe Vera adalah tanaman yang luar biasa dengan banyak manfaat kecantikan dan kesehatan. Tanaman yang memiliki nama ilmiah lidah buaya ini mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B, C dan E serta 18 asam amino yang berbeda. Aloe Vera memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Masih banyak orang yang tidak mengetahui manfaat lidah buaya bagi kesehatan. (Endartiwi, 2021). 

Menurut Lili Marlinah Ekonomi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Perekonomian merupakan salah satu aspek kehidupan nasional yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat, meliputi produksi, distribusi, serta konsumsi barang dan jasa. Usaha-usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara individu maupun kelompok serta cara-cara yang dilakukan dalam kehidupan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. (Marlinah, 2017)

IV. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, dapat di Tarik kesimpulan bahwa dengan adanya program adiwiyata memberikan banyak manfaat terutama bagi pelajar saat ini, sehingga para siswa menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam berbagai segi. Seperti contohnya karya para siswa MAN 1 Blitar  yaitu bereksperimen dalam membuat es chocolate dengan penambahan tumbuhan aloevera, pemilihan ini sangatlah tepat karena tumbuhan aloevera merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki banyak manfaat baik dari segi Kesehatan maupun kecantikan, dan produk es chocolate ini dapat di gunakan sebagai salah satu ide usaha rumahan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

 Saran 

Berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan oleh peneliti, maka terdapat beberapa saran yang dapat di berikan yaitu pembudidayaan tumbuhan aloevera harus lebih di utamakan agar tumbuhan yang di hasilkan pun tidak terlalu kecil kecil dan dapat menghasilkan produk yang memuaskan. 


Lampiran Foto

Gambar 1. 1 Aloevera

Gambar 1. 2 Bahan Pembuatan  

Gambar 1. 3 Pengupasan kulit Aloevera

Gambar 1. 4 Pembuatan Nutrijel

Gambar 1. 5 Pembuatan Nutrijel Lumut

Gambar 1. 6 Penucian Aloevera Dengan Air Mengalir   

Gambar 1. 7 Hasil Aloevera yang sudah di Bersihkan

Gambar 1. 8 Pembuatan susu

Gambar 1. 9 Es Chocolate yang sudah siap di sajikan

BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang