VISI :
Visi MAN 1 Blitar dinyatakan sebagai berikut :
“TERWUJUDNYA INSAN BERKARAKTER
ISLAMI, BERPRESTASI, BERINOVASI BERBASIS IPTEK, DAN PEDULI LINGKUNGAN”
Dari pernyataan visi tersebut
terdapat lima kata kunci yang terkandung didalamnya, yaitu: Islami, prestasi,
inovatif, iptek, dan peduli lingkungan, yang dimaknai bahwa pendidikan yang
diselenggarakan harus mampu menumbuhkembangkan setiap warga madrasah agar
memiliki :
1. Islami, ditunjukkan
dengan tertanamnya aqidah Islam, terbangunnya pemahaman/pengetahuan tentang
ajaran-ajaran agama Islam, terbentuknya kesadaran untuk senantiasa istiqomah
dalam menjalankan ibadah serta terwujudnya kepribadian dan karakter yang
mencerminkan akhlaq mahmudah. Selain itu juga terwujudnya kesadaran beribadah
baik ibadah pribadi/individual maupun ibadah sosial, terbentuknya karakter
siswa yang taat dan menjunjung tinggi aturan, norma hukum, norma sosial
kemasyarakatan, norma kesopanan dan norma agama, serta terbentuknya kepedulian
untuk mengembangkan kerukunan antar umat dalam kehidupan bermasyarakat
2. Berprestasi, ditunjukkan
dengan tumbuhnya kesadaran dan motivasi untuk berkompetisi dibidang akademik
dan non akademik secara sehat, meningkatnya daya serap pelaksanaan proses
pembelajaran, meningkatnya daya saing lulusan dalam penerimaan di perguruan
tinggi, meningkatnya daya saing lulusan di dunia usaha-industri dan tingginya
daya penerimaan lulusan dalam aktivitas-aktivitas kemaslahatan di masyarakat/
lingkungan keseharian.
3. Berinovasi, ditunjukkan
dengan bertumbuh-kembangnya kreatifitas berpikir dan bertindak dalam menyikapi
dan menyelesaikan tantangan, terwujudnya kemauan dan kemampuan melakukan
perubahan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
4. Berbasis iptek, ditunjukkan dengan terwujudnya kemampuan dalam berpikir, bersikap, dan bertindak dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran, terwujudnya kemampuan dan kemauan untuk meningkatkan penguasaan di bidang ilmu pengetahuan an teknologi
5. Peduli lingkungan, ditunjukkan dengan terwujudnya madrasah yang bersih, sehat, aman dan nyaman melalui perilaku yang mencerminkan rasa cinta, sadar dan peduli terhadap alam sekitar baik alam tak hidup maupun alam hidup sebagai bagian dari - dan tumbuhnya kepedulian terhadap pelestarian alam keselarasan hidup dengan lingkungan sekitar
MISI :
Kementerian Agama dalam menyelenggarakan
pendidikan Madrasah Aliyah (MA) memiliki misi antara lain : memperkuat identitas
pendidikan MA, meningkatkan pemerataan dan perluasan akses pendidikan bagi anak
usia sekolah MA, meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan pada MA dan
meningkatkan kualitas tata kelola dan akuntabilitas lembaga pendidikan MA.
Mendasarkan pada misi kelembagaan madrasah secara umum tersebut dan
memperhatikan aspirasi dan harapan-harapan stakeholders maka secara khusus misi
peyelenggaraan pendidikan di MAN 1 Blitar dirumuskan sebagai berikut:
1. Menyusun kurikulum madrasah
yang berkarakter Islami, aktual, dan sesuai dengan landasan konstitusi.
2. Membudayakan
penghayatan dan pengamalan ajaran Islam dalam aktivitas sehari-hari di
Madrasah.
3.
Meningkatkan kualitas KBM
berbasis IPTEK sebagai upaya peningkatan prestasi peserta didik.
4. Melaksanakan pembelajaran dan pembimbingan secara efektif untuk mengoptimalkan potensi, minat, dan ketrampilan
yang dimiliki peserta didik yang berkarakter dan berwawasan lingkungan.
5. Membudayakan literasi
untuk mengoptimalkan kemampuan peserta didik dalam berfikir logis, kritis,
sistematis, dan inovatif.
6. Membiasakan kegiatan
belajar mandiri yang terbimbing kepada peserta didik dengan berbasis UKBM dan
E-Learning.
7. Mengikutsertakan warga
madrasah dalam berbagai kegiatan akademik maupun non akademik.
8. Membiasakan warga
madrasah untuk peduli lingkungan dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan
(dihapus karena sudah terangkum dalam poin d).
9. Mewujudkan mutu lulusan
madrasah yang berakhlakul karimah, berdaya saing, dan siap berkolaborasi di
masyarakat.
10. Mengoptimalkan
kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang inovatif, profesional, amanah,
dan peduli lingkungan.
11. Mengoptimalkan sarana
prasarana madrasah untuk kegiatan belajar mengajar dalam mendukung pengembangan
potensi peserta didik.
12. Mengoptimalkan fungsi
perpustakaan (konvensional dan digital) sebagai sarana pendukung belajar
mandiri bagi warga madrasah.
13. Mewujudkan laboratorium
digital terpadu (IPA, IPS, PAI, multimedia) untuk mewadahi kreasi dan inovasi
warga madrasah.
14.
Menyelenggarakan pengelolaan
madrasah yang tertib, transparan, dan akuntabel, serta berwawasan lingkungan.
15. Meningkatkan hubungan yang
harmonis antar warga madrasah dan mengoptimalkan kerjasama dengan stakeholder
yang memiliki kepedulian terhadap madrasah.
16. Memberikan pelayanan
kepada peserta didik sesuai bakat, minat, dan potensi kecepatan belajar melalui
program SKS.
17. Melaksanakan evaluasi pembelajaran
berbasis CBT sebagai upaya mewujudkan penilaian yang autentik dan dapat
dipertanggungjawabkan.
18. Melengkapi dan mengoptimalkan Sistem Informasi Madrasah untuk mewujudkan manajemen madrasah yang terpusat.
19. Membudayakan hidup bersih dan sehat kepada seluruh warga madrasah dan sekitarnya.