LGpdNGR8MGVaMaNaMWVaMWR8yTUfATofA6QkyaV=

VISI MISI MAN 1 BLITAR

BLANTERLANDINGv101
990125513733413425

VISI MISI MAN 1 BLITAR

Tuesday, October 19, 2021

 


VISI :

Visi MAN 1 Blitar dinyatakan sebagai berikut :

“TERWUJUDNYA INSAN BERKARAKTER ISLAMI, BERPRESTASI, BERINOVASI BERBASIS IPTEK, DAN PEDULI LINGKUNGAN”

 

Dari pernyataan visi tersebut terdapat lima kata kunci yang terkandung didalamnya, yaitu: Islami, prestasi, inovatif, iptek, dan peduli lingkungan, yang dimaknai bahwa pendidikan yang diselenggarakan harus mampu menumbuhkembangkan setiap warga madrasah agar memiliki :

1.  Islami, ditunjukkan dengan tertanamnya aqidah Islam, terbangunnya pemahaman/pengetahuan tentang ajaran-ajaran agama Islam, terbentuknya kesadaran untuk senantiasa istiqomah dalam menjalankan ibadah serta terwujudnya kepribadian dan karakter yang mencerminkan akhlaq mahmudah. Selain itu juga terwujudnya kesadaran beribadah baik ibadah pribadi/individual maupun ibadah sosial, terbentuknya karakter siswa yang taat dan menjunjung tinggi aturan, norma hukum, norma sosial kemasyarakatan, norma kesopanan dan norma agama, serta terbentuknya kepedulian untuk mengembangkan kerukunan antar umat dalam kehidupan bermasyarakat

2.    Berprestasi, ditunjukkan dengan tumbuhnya kesadaran dan motivasi untuk berkompetisi dibidang akademik dan non akademik secara sehat, meningkatnya daya serap pelaksanaan proses pembelajaran, meningkatnya daya saing lulusan dalam penerimaan di perguruan tinggi, meningkatnya daya saing lulusan di dunia usaha-industri dan tingginya daya penerimaan lulusan dalam aktivitas-aktivitas kemaslahatan di masyarakat/ lingkungan keseharian.

3.   Berinovasi, ditunjukkan dengan bertumbuh-kembangnya kreatifitas berpikir dan bertindak dalam menyikapi dan menyelesaikan tantangan, terwujudnya kemauan dan kemampuan melakukan perubahan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

4.   Berbasis iptek, ditunjukkan dengan terwujudnya kemampuan dalam berpikir, bersikap, dan bertindak dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran, terwujudnya kemampuan dan kemauan untuk meningkatkan penguasaan di bidang ilmu pengetahuan an teknologi

5.  Peduli lingkungan, ditunjukkan dengan terwujudnya madrasah yang bersih, sehat, aman dan nyaman melalui perilaku yang mencerminkan rasa cinta, sadar dan peduli terhadap alam sekitar baik alam tak hidup maupun alam hidup sebagai bagian dari - dan tumbuhnya kepedulian terhadap pelestarian alam keselarasan hidup dengan lingkungan sekitar

MISI : 

Kementerian Agama dalam menyelenggarakan pendidikan Madrasah Aliyah (MA) memiliki misi antara lain : memperkuat identitas pendidikan MA, meningkatkan pemerataan dan perluasan akses pendidikan bagi anak usia sekolah MA, meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan pada MA dan meningkatkan kualitas tata kelola dan akuntabilitas lembaga pendidikan MA. Mendasarkan pada misi kelembagaan madrasah secara umum tersebut dan memperhatikan aspirasi dan harapan-harapan stakeholders maka secara khusus misi peyelenggaraan pendidikan di MAN 1 Blitar dirumuskan sebagai berikut:

1.  Menyusun kurikulum madrasah yang berkarakter Islami, aktual, dan sesuai dengan landasan konstitusi.

2.     Membudayakan penghayatan dan pengamalan ajaran Islam dalam aktivitas sehari-hari di Madrasah.

3.       Meningkatkan kualitas KBM berbasis IPTEK sebagai upaya peningkatan prestasi peserta didik.

4.  Melaksanakan pembelajaran dan pembimbingan secara efektif untuk mengoptimalkan potensi, minat, dan ketrampilan yang dimiliki peserta didik yang berkarakter dan berwawasan lingkungan.

5.    Membudayakan literasi untuk mengoptimalkan kemampuan peserta didik dalam berfikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif.

6.  Membiasakan kegiatan belajar mandiri yang terbimbing kepada peserta didik dengan berbasis UKBM dan E-Learning.

7.    Mengikutsertakan warga madrasah dalam berbagai kegiatan akademik maupun non akademik.

8.    Membiasakan warga madrasah untuk peduli lingkungan dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan (dihapus karena sudah terangkum dalam poin d).

9. Mewujudkan mutu lulusan madrasah yang berakhlakul karimah, berdaya saing, dan siap berkolaborasi di masyarakat.

10. Mengoptimalkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang inovatif, profesional, amanah, dan peduli lingkungan.

11.  Mengoptimalkan sarana prasarana madrasah untuk kegiatan belajar mengajar dalam mendukung pengembangan potensi peserta didik.

12.   Mengoptimalkan fungsi perpustakaan (konvensional dan digital) sebagai sarana pendukung belajar mandiri bagi warga madrasah.

13.   Mewujudkan laboratorium digital terpadu (IPA, IPS, PAI, multimedia) untuk mewadahi kreasi dan inovasi warga madrasah.

14.    Menyelenggarakan pengelolaan madrasah yang tertib, transparan, dan akuntabel, serta berwawasan lingkungan.

15. Meningkatkan hubungan yang harmonis antar warga madrasah dan mengoptimalkan kerjasama dengan stakeholder yang memiliki kepedulian terhadap madrasah.

16. Memberikan pelayanan kepada peserta didik sesuai bakat, minat, dan potensi kecepatan belajar melalui program SKS.

17. Melaksanakan evaluasi pembelajaran berbasis CBT sebagai upaya mewujudkan penilaian yang autentik dan dapat dipertanggungjawabkan.

18. Melengkapi dan mengoptimalkan Sistem Informasi Madrasah untuk mewujudkan manajemen madrasah yang terpusat.

19.  Membudayakan hidup bersih dan sehat kepada seluruh warga madrasah dan sekitarnya.

TAGS
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang